Nokiafans.id, Jakarta – Bingung dengan banyaknya aplikasi yang ingin diunduh tapi ragu akan keamanannya? Sah-sah saja, apalagi saat ini ada sekitar 1,43 juta aplikasi di Google Play Store, dan lebih dari 500 miliar unduhan. Banyak diantara aplikasi tersebut yang tidak aman karena membawa virus maupun bug, sehingga bisa mengganggu kinerja perangkat Anda.

Kendati demikian, ada beberapa aplikasi terbaik pilihan yang bisa diunduh karena terbukti aman, seperti yang dilansir Makeuseof berikut ini:

1.Hushed

Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat burner atau nomor telepon sementara ketika mengisi formulir di situs jual beli seperti craiglist tanpa takut melakukan spam dan semacamnya. Nomor itu juga bisa diganti atau dihapus apabila diperlukan.

2. NordVPN

Aplikasi ini bisa menyembunyikan identitas Anda ketika menjelajah web. Menggunakan VPN meminimalkan jumlah data yang dapat dikumpulkan pihak ketiga tentang Anda, dan melindungi privasi, bahkan dari penyedia layanan internet sendiri.

NordVPN terhubung ke 548 server di 49 negara, dengan salah satu fitur terbaiknya adalah “Smart-Play”, koneksi ke server tertentu yang memungkinkan mengunduh dengan konaksi jaringan cepat.

3. DuckDuckGo

Aplikasi pencarian ini mirip Google, namun tidak merekam atau melacak data tentang pencarian Anda. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki widget search bar yang bisa ditambahkan ke homescreen untuk akses cepat.

4. Telegram

Keunggulan aplikasi ini, selain mengenkripsi seluruh layanan, juga memiliki fitur “Chatting Rahasia” yang telah diujicoba. Telegram disediakan secara gratis dan bebas iklan, yang berarti tidak ada pelacakan pihak ketiga.

5. ProtonMail

Diluncurkan pada 2013. layanan ini terletak di Swiss karena undang-undang kerahasiaannya yang kuat, bersifat open source sehingga pakar keamanan dapat memeriksa klaimnya, dan mendapat dorongan kredibilitas karena didirikan oleh kelompok dari MIT dan CERN. ProtonMail melindungi email Anda saat mengirim pesan kepada seseorang yang tidak menggunakan layanan sejenis. [IF]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *