Nokiafans.id, Jakarta –  Kembali ke awal-awal kemunculan gadget, dalam hal ini ponsel atau smartphone, saat itu sebagian dari kita mungkin masih menganggapnya sebagai barang mewah, yang tak bisa dimiliki oleh sembarang orang, apalagi anak kecil. Namun seiring berjalannya waktu, perangkat seperti smartphone dan tablet seperti telah menjadi mainan sehari-hari, bahkan bagi anak-anak yang usianya jelas-jelas masih di bawah umur.

Bahaya?

Pastinya. Apalagi sekarang ini banyak aplikasi yang tidak seharusnya dikonsumsi anak-anak karena menangdung berbagai konten dewasa atau negatif. Nah, apa saja aplikasi itu? Dilansir dari Makeuseof, ini adalah 5 aplikasi yang sangat tidak dianjurkan melintas di perangkat anak-anak.

1. Roblox

Aplikasi game ini mirip Minecraft, namun bisa berinteraksi dengan beberapa pemain lain. Yang perlu diwaspadai adalah game ini membuka kesempatan untuk para pelaku kriminal mencari target anak-anak. Sebaiknya ini dihindari atau bisa pilih aplikasi lain seperti Minecraft.

2. Snapchat

Aplikasi ini penuh dengan sexting (pesan teks dengan konten seksual), sehingga menimbulkan risiko tidak hanya pada kesehatan seksual anak, tetapi juga kebebasan mereka. Apabila sulit membuat anak menjauhi Snapchat, menerapkan semua fitur keamanan aplikasi adalah wajib bagi para orang tua.

3. Aplikasi Kencan

Tak perlu penjelasan panjang lebar, aplikasi ini mungkin cocok untuk orang dewasa jomblo yang sedang mencari pasangan. Namun pastinya bukan anak-anak. Anak harus dijauhi dari aplikasi ini karena bisa merusak perkembangan mentalnya.

4. Tumblr

Aplikasi ini banyak memiliki konten dewasa, berisiko pencurian identitas, dan ada ancaman kesehatan karena gangguan makan dan menyakiti diri sendiri. Sebaiknya jangan sampai aplikasi ini diakses anak-anak.

5. Ask.fm

Situs tanya jawab populer ini merupakan jejaring sosial yang ditujukan untuk anak-anak berusia 11 – 14 tahun. Aplikasi ini sering disalahgunakan sehingga kerap menimbulkan masalah, sehingga perlu didampingi orang tua. [IF]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *