Nokiafans.id, Jakarta – Banyak hal yang menjadi tren di masa kini mengingatkan kita pada masa lampau. Dan itu tak hanya kendaraan atau film, tetapi juga konsol video game, yang kini hadir dalam versi lebih baru.

Nah, bagi Anda yang besar di era 90an, mungkin tak asing lagi dengan sejumlah judul video game seperti Mario Bros, Donkey Kong, Double Dragon, Mortal Kombat dan lainnya. Saat itu, sebagian dari Anda mungkin tidak mengira bahwa judul-judul ini akan kembali hadir ketika usia Anda mulai menua seperti sekarang. Menariknya lagi, kini bahkan bisa dinimkati di ponsel.

Tapi tentu saja, Anda butuh sejumlah hal untuk mendukung itu. Pertama, Anda butuh ponsel Android modern yang memiliki aplikasi emulator bagus. Kemudian pastikan ROM (file permainan) dengan emulator ini adalah game yang benar-benar Anda beli dan sudah dimiliki lantaran mendownload ROM untuk game yang tidak Anda miliki adalah pembajakan. Gunakan aplikasi FTP untuk dapat mentransfer file langsung ke perangkat Android tanpa kabel.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pilihan aplikasi emulator video game jadul yang bisa menjadi pilihan:

1. Game Arcade

Banyak game arcade jadul seperti Double Dragon, Alien, Blade Master, Altered Beast dan game tambahan yang sangat besar untuk Playstation, Nintendo, NES, dan platform lainnya yang dapat Anda unggah dan mainkan di aplikasi ini.

2. Emulator SPE 2P (SPN)

Fitur unik di aplikasi ini adalah memainkan game NES lama dalam dua mode player melalui WiFi. Kontrol pada emulator ini sangat responsif sehingga sama menyenangkannya seperti saat game pertama kali keluar.

3. NDS Boy! (Nintendo DS)

Emulator ini cepat dan berjalan lancar, serta mendukung file ROM NDS, dan juga mengimpor format terkompresi seperti ZIP, RAR, dan 7Z.

4. MegaN64 (N64)

Emulator dengan rating tinggi untuk para gamer yang menyukai game Nintendo 64. Kontrol ditempatkan dengan baik di sudut bawah layar sehingga Anda dapat memainkan permainan dengan ibu jari seperti pengontrol permainan Nintendo 64 aslinya.

5. Mupen64Plus FZ (N64)

Mirip dengan emulator MegaN64.

6. ClassicBoy (PS1, N64, Game Boy)

Pengaturannya sangat mudah disesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Antarmuka pengguna (seperti pemetaan gesture dan pengaturan sensitivitas sensor) juga bisa disesuaikan sehingga terasa nyaman untuk digunakan.

7. RetroArch (GBA, NES, Sega, PS, dan Lainnya)

Memungkinkan mengunggah “inti” pembaruan untuk konsol atau mesin game apa pun yang ingin ditiru.

8. PPSSPP (PSP) PlayStation Portable (PSP)

Pengaturan dan pemuatan ROM mudah diatur dari menu settings sederhana. Emulator ini tidak akan membatasi Anda bermain dengan cara yang sama seperti PSP asli.

9. GENPlusDroid (Sega Genesis)

Butuh penyesuaian sedikit dalam permainan, agak terasa lebih lambat responnya ketimbang konsol aslinya. [IF]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *