Nokiafans.id, Jakarta – Banyak aplikasi baru yang ditawarkan untuk perangkat Android, mulai dari mesin pencari hingga game dengan berbagai keunggulan. Namun, tak semua aplikasi aman dipergunakan, khususnya dari sisi privasi.

Lantas, aplikasi apa yang bisa menjaga privasi penggunanya di perangkat Android? Mengutip halaman Makeuseof, ada banyak aplikasi penjaga privasi kekinian yang bisa dipilih, berikut beberapa diantaranya:

1. Keyboard: AnySoftKeyboard

Ini adalah aplikasi keyboard open-source yang sama sekali tak memerlukan izin internet untuk mengoperasikannya. Aplikasi yang mirip dengan ini adalah Hacker’s Keyboard, namun fiturnya tidak sebanyak AnySoftKeyboard.

2. Browser: DuckDuckGo

Aplikasi mesin pencari paling beken saat ini karena tidak menggunakan cookies untuk melacak Anda ketika berselancar di jagat maya.

3. Pengirim Pesan Instan: Telegram

Mirip aplikasi WhatsApp, namun dengan privasi tinggi, sehingga memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif saat ini.

4.Gerai Aplikasi: F-Droid
Bicara tentang keamanan, F-Droid disebut-sebut sebagai salah satunya lantaran tidak akan melacak perangkat Anda,  seperti layaknya Google PlayStore. Aplikasi open source ini juga tidak memerlukan akun untuk mengunduh aplikasi di dalamnya.

5. Kalender: Simple Calendar
Aplikasi bebas iklan dan hanya memerlukan sedikit syarat untuk menjalankannya seperti foto dan nomor kontak. Namun tidak mengisi syarat tersebut juga tidak apa-apa.

6. Fitness: Pedometer

Aplikasi besutan SECUSO privacy research group dari Technische Universität Darmstadt, ini hanya memiliki dua syarat untuk bisa digunakan, yakni berlari untuk memulai dan jangan sampai perangkat Android masuk mode sleeping. Tentunya tidak ada iklan yang muncul.

7. Cuaca: Weather
Aplikasi yang juga berasal dari Technische Universität Darmstadt ini menggunakan data dari aplikasi OpenWeatherMap, namun dengan model lokasi non permanen. Dengan begitu, privasi lokasi Anda tetap terjaga.

8. Pengola File: OI File Manager
Aplikasi ini ada di Google Play Store. Bebas iklan dan tak perlu akses internet. Aplikasi ini memiliki banyak fitur seperti membuat direktori, menamakan ulang, menyalin, memindahkan dan menghapus file.

9. Game: Memo

Game bergenre brain training ini diklaim bisa meningkatkan daya ingat, antisipasi kerugian kognitif dan sebagainya.  Tentu game ini tak perlu izin apapun, bisa langsung diunggah. [IF]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *