Nokiafans.id, Jakarta – Memiliki ponsel Android, tentunya tidak hanya berguna untuk sekedar menelepon atau beraktifitas di media sosial. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat smartphone selalu menyesuaikannya dengan berbagai cara.

Sesuai namanya, smartphone bertujuan untuk mempermudah hidup manusia. Meski demikian, tak banyak dari kita yang tahu fitur-fitur penting yang terdapat di dalam perangkat Android kita. Untuk mengetahui lebih jauh fitur-fitur apa saja yang dimaksud, mari simak tips yang dikutip dari halaman Androidpit.

Google Assistant

Aplikasi ini memungkinkan Anda memberi perintah suara pada Google. Fitur ini sangat membantu pada saat tertentu, seperti ketika menyetir. Syaratnya perangkat memiliki sistem operasi Lollipop atau yang lebih baru dengan RAM minimal 1,5 GB.

Untuk mengaktifkannya cukup tekan tombol home selama beberapa detik dan Asisten akan terbangun.

Smart Lock

Membuka kunci layar kunci smartphone kapan pun Anda berada dalam situasi tertentu, seperti saat perangkat menempel bagian tubuh, saat tiba di rumah atau ke kantor, atau saat memasang smartwatch di pergelangan tangan. Bisa juga dengan pengenalan suara atau wajah untuk membuka kunci perangkat dalam waktu singkat.

Caranya masuk ke menu pengaturan untuk mengaktifkan dan menyesuaikan fitur ini sesuai dengan keinginan.

Menemukan perangkat Android

Ini bisa dilakukan dengan mengaktifkan fitur Find My Device atau sebelumnya dikenal dengan Android Device Manager

• Jika smartphone dicuri
Masuk ke halaman ini dari PC, masukkan kata kunci yang terhubung ke akun Google Anda pada perangkat yang hilang. Jika GPS aktif dan ponsel aktif, Anda dapat menemukannya dengan cepat dan juga menggunakannya dari jarak jauh:

1. Kunci perangkat
Bisa menampilkan pesan di layar kunci ponsel cerdas Anda dengan nomor telepon alternatif yang ingin dihubungi.

2. Reset perangkat
Semua data akan dihapus dan pada akhir proses tidak dapat lagi ditemukan dengan Find My Device.

3. Aktifkan Suara Dering Ponsel
Ponsel akan berdering selama 5 menit meskipun sudah diatur ke mode senyap. [IF]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *