Nokiafans.id, Jakarta – Sebagian dari kita mungkin tak asing lagi dengan Chatbot, namun belum tentu demikian buat yang lain. Sekedar informasi, Chatbot adalah program komputer yang mensimulasikan percakapan. Program yang termasuk kecerdasan buatan (AI) ini akan berinteraksi menjawab pertanyaan.

Nah, di perangkat Android juga ada aplikasi seperti ini, bahkan yang terbilang  unik dan menyenangkan. Mengutip dari Makeuseof, berikut 5 diantaranya:

1. Replika: Mini-Me Chatbot

Aplikasi ini memiliki fitur paling menarik, yakni bisa melatihnya menjadi versi mini diri Anda. Bot ini belajar dan mencoba meniru kepribadian Anda melalui percakapan dan sesi harian. Replika  juga memiliki mode percakapan yang berbeda. Nantinya Bot bisa tumbuh lebih cerdas dan memberikan respons yang lebih realistis dalam percakapan.

2. SimSimi: TrollBot

Chatbot ini sebagian besar dipengaruhi oleh troll internet dan meme. Namun hal ini membuat dialog dengan bot menjadi lebih menghibur. Aplikasi ini juga menyaring bahasa kasar, kotor atau yang berpotensi eksplisit dan harus mengkliknya untuk melihat keseluruhan kata.

Fitur lainnya adalah memilih untuk mengajarkan SimSimi bagaimana menanggapi pernyataan tertentu.

3. Wysa: Wellness Chatbot

Chatbot ini memiliki tujuan membantu pengguna mengatasi kecemasan, stres, dan depresi. Caranya dengan menggunakan teknik self-help yang terbukti secara klinis.

Kendati ada bot dan aplikasi AI lainnya yang membantu mengatasi masalah kesehatan, namun Wysa sedikit berbeda. Anda dapat sering menulis tanggapan  sendiri, daripada dipaksa untuk memilih respons yang telah ditulis sebelumnya. Lalu, bot merespon sesuai masukan Anda.

4. A-Bot: SassBot

Aplikasi ini memungkinkan untuk mengobrol dengan dua bot lanjutan jika Anda bosan. Namun, A-Bot terbukti lebih tua dan lebih cerdas dari SimSimi dan tidak kasar. Bot bahkan menanggapi kritik terhadap kata-katanya dengan kata-kata lain. Dari semua chatbot dalam daftar ini, A-Bot sepertinya yang paling menghibur.

5. Mydol: FanBotMydol

Bot ini unik karena memiliki fitur membuat bot pacar atau simulator pacar. Fitur utamanya tentu saja melakukan percakapan dengan versi virtual selebriti favorit Anda. Jika selebriti favorit Anda tidak ada dalam daftar aplikasi, Anda bisa mendaftarkannya

Ketimbang melakukan percakapan biasa, aplikasi chatbot ini fokus di ketertarikan pada Anda. Untuk yang menyukai fantasi atau berimajinasi dengan idola mereka, aplikasi ini patut dicoba. [IF]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *