Nokiafans.id, Jakarta – Semua pennguna perangkat Android pasti mengenal Google Play Store sebagai pasar aplikasi. Namun mungkin tidak semua tahu jika aplikasi ini juga memiliki banyak fitur tips dan rahasia yang akan mempermudah pengelolaan aplikasi di perangkat Android.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut hasil [enelusuran tim Nokiafans sebagaimana dilansir dari halaman Makeuseof.

1. Uji dan Pengembalian Dana Pembelian Aplikasi
Anda memiliki waktu dua jam setelah pembelian untuk meminta pengembalian dana untuk aplikasi dan game berbayar (atau 48 jam jika melakukan permintaan pengembalian dana di web dan bukan melalui aplikasi Play Store). Sementara untuk pembelian yang tidak sah memiliki batas waktu 65 hari.

2. Cari Aplikasi dari Developer

Gunakan pub: [nama developer] modifier untuk memfilter hasil pencarian dari pengembang tertentu. Fitur yang memungkinkan mencari aplikasi tapi hanya ingat nama pengembangnya.

3. Aktifkan Early Access dan Beta Apps

Aplikasi beta sering kali memiliki lebih banyak fitur dan peningkatan lainnya, namun mungkin tidak cukup siap untuk rilis publik karena crash, bugs, Glitches, dan sebagainya.

4. Lihat hanya aplikasi yang relevan

Buka halaman aplikasi di aplikasi Play Store, gulir ke bawah ke ulasannya, sentuh Read All Review, tekan Options di sebelah kanan, lalu klik “Versi terbaru saja.” Anda juga dapat mengaktifkan “Dari model perangkat ini saja”.

5. Jangan Tambahkan Aplikasi Baru ke Layar Utama Anda

Caranya ketuk tombol menu dan turun ke Settings. Di bawah Umum, hapus centang pada kotak “Tambahkan ikon ke layar Utama”.

6. Instal ulang aplikasi yang dimiliki secara massal

Caranya ketuk tombol menu dan pilih My apps & games. Beralih ke tab library untuk melihat daftar semua aplikasi yang terkait dengan akun Anda. Gulir ke bawah dan ketuk pasang untuk yang diinginkan.

7. Nonaktifkan Pembaruan Otomatis untuk Aplikasi Tertentu

Caranya buka laman aplikasi di Play Store, ketuk tombol menu di kanan atas (hanya akan ada jika aplikasi terpasang), dan hapus centang pada Auto-update.

8. Mencegah anak Menginstal Apps

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh, diantaranya:
Blok sidik jari: Jika perangkat Anda memiliki pemindai sidik jari. Caranya buka Pengaturan> Kontrol Pengguna> Otentikasi sidik jari.

PIN kontrol orang tua: Buka Pengaturan> Kontrol Pengguna> Kontrol orang tua. Hidupkan, atur PIN.

Filter konten dewasa: Anda Buka Pengaturan> Kontrol Pengguna> Kontrol orang tua> Tetapkan batasan konten.

9. Buat daftar aplikasi pilihan

Ketuk ikon bookmark dengan tanda tambah di bagian atas. Sedangkan untuk melihat daftar pilihan itu, ketuk tombol menu dan pilih Wishlist. Anda dapat memilih untuk memasang atau menghapus setiap aplikasi. [IF]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *