Nokia memulai comebacknya dengan cukup baik. Produk-produk seperti Nokia 3, Nokia 5, Nokia 6 dan flagship pertamanya, Nokia 8 cukup diterima oleh masyarakat. Kini, kejutan Nokia tampaknya akan kembali mewarnai ajang MWC 2018 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol.

Keseriusan Nokia sendiri diganjar dengan angka penjualan yang cukup lumayan. Jumlah smartphone yang terjual dari kuartal ke kuartal tahun lalu terus meningkat. Puncaknya pada bulan terakhir 2017, HMD meraih market share sebesar 1% dari total penjualan smartphone secara global atau setara dengan 8,45 juta unit terjual (data Counterpoint research).

Tak hanya di pasar smartphone, Nokia juga memiliki posisi yang kuat di segmen ponsel fitur. Pada kuartal ketiga 2017, mereka sudah menjual sekitar 13,5 juta unit dan di kuartal ke empat, mereka masuk dalam jajaran 5 besar pordusen ponsel fitur di India. Angka-angka yang dirilis adalah hasil pengamatan para analis dan sampai sekarang eblum dikonfirmasi oleh pihak HMD secara resmi.

Namun, Nokia tentu tak berdiam diri dengan langkah awal yang menjanjikan ini. Mereka tengah menyiapkan berbagai smartphone baru yang akan berlaga di ajang Mobile Wolrd Conggres dua hari mendatang. Rumor yang ada menyebutkan bahwa mereka akan menghadirkan Nokia 4, Nokia 7 Plus, Nokia 8 Pro dan juga Nokia 9.

Kehadiran senjata-senjata baru mereka tentu tak bisa dianggap remeh. Beberapa malah menyimpan kejutan yang mungkin akan emmbuat konsumen terperangah.

Android One dan Full Screen Display Pertama

Nokia diperkirakan akan memperkenalkan Nokia 7 Plus di MWC 2018. Nokia 7 Plus merupakan smartphone berdesain layar penuh pertama Nokia. Tak hanya mengandalkan tampilan bezel-less dengan rasio layar 18:9, Nokia 7 Plus juga akan hadir dengan sistem oeprasi Android One. Sistem operasi murni dari Android ini terkenal lebih efisien dan minim bloatware. Juga, update sistem operasi lebih terjamin dibanding sistem android custom milik brand lain.

Jadi, Nokai 7 Plus selain sebgaai smartphone Nokia pertama yang mengadopsi full screen display, juga yang pertama menggunakan sistem operasi Android One.

Dukungan AI untuk Nokia 8 dan Nokia 7 Plus

Qualcomm, perusahaan yang membidani serangkaian chipset Snapdragon baru-baru ini mengumumkan dukungan Artifical Intelligence Engine atau kecerdasan buatan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna smartphone. Menariknya, Artifical Intelligence ini tak hanya mendukung processor mendatang Qualcomm, yakni Snapdragon 845 dan 660, tetapi juga Snapdragon 835 dan Snapdragon 820.

Sistem AI itu sendiri terdiri dari kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak. AI Engine akan didukung di platform mobile Snapdragon 845, 835, 820, 600, dengan pemrosesan AI on-device mutakhir yang terdapat di Snapdragon 845.

Nah, jika mengacu pada pernyataan ini, maka Nokia 8 yang didukung Snapdragon 835 dan Nokia 7 Plus yang memakai Snapdragon 660 kemungkinan besar akan mengadopsi fitur serupa.

Kamera 5 Lensa dan Snapdragon 845

Di ajang MWC 2018 kali ini, Nokia juga dikabarkan tengah menyiapkan smartphone terbaru. TAk tanggung-tanggung, mereka menyematkan 5 lensa sekaligus di bagain belakangnya!

Perangkat tersebut diperkirakan akan diberi nama Nokia 8 Pro atau Nokia 10.

Nokia 8 Pro akan dilengkapi dengan modul Penta-Lens berbentuk melingkar yang unik dengan teknologi kamera Zoom besutan Carl Zeiss. Selain itu, Nokia 8 Pro akan emnggunakan chipset teranyar Qualcomm yakni Snapdragon 845.

Kemungkinan, kelima lensa Nokia 8 Pro ini akan dapat digunakan bergantian dengan menggunakan fungsi rotator. Masing-masing lensa akan memiliki fungsi sendiri-sendiri, tergantung kebutuhan pengambilan obyek. Menurut KnowYourMobile, lensa-lensa tersebut akan memiliki panjang fokal yang berbeda-beda. AB

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *