Nokiafans.id, Jakarta – Menghemat daya baterai menjadi perhatian penting bagi sebagian besar pengguna Android. Tapi selain menghemat daya dalam penggunaan sehari-hari, pernahkah Anda berpikir untuk melestarikan keseluruhan umur baterai ponsel?

Seiring waktu, dan dengan semakin bertambahnya usia komponen, daya tahan baterai mau tidak mau  akan berkurang. Kasus yang melanda iPhone mungkin bisa menjadi contohnya. Ada perlambatan disana.

Kasus serupa bukannya tidak mungkin terjadi pada perangkat Android. Mereka (baterai) tidak dapat menahan beban berat yang mungkin bisa mereka lakukan saat masih baru. Alhasil, kemampuan smartphone dalam pengoperasian berkurang, bahkan saat terisi penuh. Kalau sudah begini, Anda mungkin harus memeriksa kesehatan dan performa baterai ponsel dan mencari beberapa tips untuk merawat serta memperpanjang usianya. Bagaimana caranya?

Berikut Cara Memeriksa Kesehatan Baterai Android Anda

Sebagai langkah awal, Anda dapat mendownload aplikasi gratis Accubattery. Ini bukan satu-satunya monitor baterai di Android, tapi aplikasi ini bagus untuk memantau performa baterai.

Setelah terinstal, aplikasi akan memandu Anda melalui panduan singkat tentang apa yang dilakukannya, termasuk penelitian tentang masa pakai baterai. Mereka telah menemukan bahwa dengan hanya mengisi daya baterai Anda hingga maksimum 80 persen (bukan 100 persen), Anda dapat meningkatkan umur panjangnya dengan cukup sedikit.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda harus menggunakan perangkat seperti biasa untuk sementara waktu. Setelah beberapa waktu, Accubattery akan mengumpulkan informasi tentang baterai ponsel, penggunaan dan statistik tampilan di aplikasi. Ini akan muncul hanya setelah satu atau dua hari penggunaan, namun Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik setelah menggunakannya selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan.

Di dalam aplikasi ini Anda akan melihat informasi tentang berapa lama baterai Anda akan bertahan di tab Pengosongan. Ini juga mencakup detail tentang penggunaan baterai rata-rata, penggunaan per aplikasi, dan lainnya.

Gunakan tab Charging untuk melihat seberapa cepat biaya perangkat kamu, tab Health untuk meninjau keausan pada baterai dan lihat perbandingannya dengan yang baru. [IF]

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *