Nokiafans.id – Media sosial merupakan platform yang paling tepat untuk terhubung dengan teman serta keluarga Anda. Namun, pengguna harus senantiasa waspada dan tahu bagaimana caranya melindungi data pribadinya di akun media sosial.

Oleh karena itu, Facebook menyediakan berbagai fitur sederhana yang bisa memudahkan orang untuk melindungi data pribadinya.

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik bagi pengguna Facebook agar menjadi lebih waspada :

Lakukan Pemeriksaan Keamanan Secara Rutin

Anda dapat menggunakan Pemeriksaan Keamanan untuk melakukan peninjauan dan menambah keamanan akun Anda. Pemeriksaan Keamanan akan membantu Anda untuk, Keluar dari akun Facebook Anda di browser dan aplikasi yang sudah lama tidak Anda gunakan. Anda dapat dengan mudah untuk log out dari perangkat yang sudah lama tidak Anda gunakan, sehingga Anda hanya akan log in Facebook di perangkat maupun browser yang telah Anda setujui.

Dapatkan notifikasi log in: Ketika Anda mengaktifkan fitur ini, Facebook akan mengirimkan notifikasi atau peringatan melalui email, jika ada seseorang yang mencoba masuk ke akun Anda dari komputer atau perangkat yang tidak dikenal.

Lalu pelajari cara melindungi kata sandi Anda: Kekuatan kata sandi Anda lebih penting dibanding seberapa sering Anda mengubahnya. Jangan gunakan kata sandi Facebook Anda di situs online lain dan jangan pernah membagikan kata sandi Anda kepada siapa pun. Hindari penggunaan nama Anda atau kata-kata umum sebagai kata sandi. Kata sandi Anda harus sulit untuk ditebak.

Aktifkan Fitur Keamanan Ekstra Facebook

Autentikasi dua faktor adalah salah satu cara memberikan keamanan tambahan untuk akun Facebook pengguna. Fitur ini memberikan keamanan tambahan setiap kali Anda mencoba masuk ke akun Facebook menggunakan perangkat baru. Facebook akan mengirimkan notifikasi atau email dengan kode khusus untuk menyelesaikan proses masuk ke Facebook.

Baru-baru ini, Facebook telah memperbarui fitur autentikasi dua-faktor. Kini, ketika Anda mengaktifkan autentikasi dua faktor, kami akan memandu Anda untuk menjalani proses pengaktifan, menjelaskan cara kerjanya dan menawarkan pilihan untuk mendapatkan kode masuk, baik itu melalui pesan teks maupun aplikasi autentikasi seperti Google Authenticator atau Duo Mobile untuk mendapatkan kode masuk. Anda dapat dengan mudah mengakses autentikasi dua faktor di bagian Keamanan dan masuk dalam pengaturan Anda.

Tinjau aplikasi apa saja yang terhubung dengan akun Facebook Anda

Jika Anda menggunakan pilihan “Masuk dengan Facebook” untuk menggunakan aplikasi lain, Anda harus secara berkala meninjau aplikasi yang telah terhubung dengan akun Facebook Anda. Cara ini dapat membantu memastikan bahwa Anda hanya menghubungkan akun Facebook Anda ke aplikasi yang Anda percaya dan gunakan secara rutin.

Anda dapat mengunjungi halaman Pengaturan Aplikasi dan Website Anda di Facebook untuk meninjau semua aplikasi yang telah terhubung dengan akun Facebook Anda. Anda mungkin menemukan beberapa aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan lagi, maka Anda dapat dengan mudah menghapus aplikasi ini sehingga mereka tidak dapat lagi mengakses akun Facebook Anda dengan mengakses halaman Pengaturan Aplikasi dan Website.

Source Link

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *