Nokiafans.id – Kerap mendengar kabar bahwa adanya malware yang mampu menginstall aplikasi-aplikasi berbahaya yang dapat merugikan pengguna smartphone Android. Misalnya malware Cosiloon yang dapat mengunduh file-file khusus dari server tertentu, termasuk file berekstensi .APK yang dapat langsung terinstall di perangkat pengguna.

Malware-malware berbahaya tersebut kadang bisa menginfeksi perangkat Android pengguna ketika sedang berselancar di dunia internet menggunakan browser, ataupun aplikasi-aplikasi lainnya.

Nah, karenanya kali ini Tim Nokiafans.id akan membagikan cara untuk cegah aplikasi install aplikasi berbahaya atau tak dikenal di Android. Ingin tahu seperti apa caranya? Yuk simak baik-baik!

Baca Juga: Ribuan Smartphone Android Sudah Dipasang Malware Prainstall

Catatan: Kami menggunakan smartphone Android dengan sistem operasi Android 8.0 Oreo.

  • Pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke Settings dan pilih Apps & notifications.

  • Selanjutnya, pilih Advanced dan masuk ke bagian Special app access.
  • Di bagian paling bawah, tekan tombol Install unknown apps.

  • Terdapat daftar berbagai aplikasi di sana. Nah tugas Anda adalah, memastikan aplikasi-aplikasi itu untuk tidak diizinkan menginstall aplikasi berbahaya maupun tidak dikenal, seperti file dengan ekstensi .APK.

  • Caranya, pastikan aplikasi tersebut dalam posisi Not Allowed. Apabila salah satu aplikasi diizinkan atau berada dalam posisi Allowed, usahakan ganti pengaturan itu.
  • Tekan aplikasinya, dan matikan toggle Allow from this source.

Mudah kan caranya? Dengan cara ini, semoga saja smartphone Android Anda aman dari aplikasi tertentu yang mampu menginstall aplikasi berbahaya dan dapat merugikan Anda. Selamat mencobanya ya! (FHP)

Source Link

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *