Nokiafans.id, Jakarta – Apakah Anda berencana untuk jual smartphone Android lama? Jika iya, jangan lupa untuk menghapus semua data di dalamnya. Caranya sangat mudah, tinggal atur ulang saja ke kondisi pabrik.

Untuk melakukannya, Anda silakan membuka menu Setting. Selanjutnya, klik Select System, buka opsi Andvanced, kemudian menuju Reset Options. Di sana, Anda akan menemukan tiga pilihan tindakan.

Reset Wi-Fi, Mobile & Bluetooth kadang berguna jika Anda mengalami masalah dengan konektivitas. Lalu Reset App Preferences akan membantu Anda mengembalikan semua aplikasi dan notifikasi bawaan.

{Baca juga: Sudah Move On, Huawei Persiapkan Pengganti Google Play Store}

Namun, dua pilihan tersebut tidak bakal menghapus data di smartphone Anda. Jadi, pilihlah opsi ketiga, yakni Erase All Data (Factory Reset). Kalau sudah diklik, di layar smartphone Anda akan muncul notifikasi peringatan.

Notifikasi itu memperingatkan bahwa semua data bakal terhapus, termasuk nama pengguna dan kata sandi untuk akun media sosial, email, dll. Jika Anda tak masalah, langsung saja pilih opsi Reset Phone.

Dikutip Nokiafans.id dari The Verge, Jumat (24/05/2019), bilamana Anda punya PIN atau pengaturan keamanan lain, sebaiknya masukkan. Saat nanti muncul opsi Erase Everything, klik saja apabila Anda sudah yakin.

{Baca juga: Rekomendasi 5 Smartphone Rp 3 Jutaan untuk Lebaran}

Proses tersebut biasanya hanya memakan waktu dua menit atau tiga menit. Smartphone Anda akan reboot dan mulai meminta untuk memilih bahasa, jaringan, dan sebagainya. Namun, hal itu belumlah cukup.

Kemungkinan masih ada beberapa data yang tercecer di smartphone meski telah disetel ulang. Untuk lebih berhati-hati, Anda dapat mengenkripsi smartphone sebelum mengatur ulang. Caranya pun tak sulit-sulit amat.

Buka Settings, lalu Security & Location, Advanced, Encryption & Credentials, lantas pilih Encrypt Phone. Jika sudah selesai, kembalilah ke menu Setting dan mulai proses reset. Langkah berikutnya, jual smartphone Anda. (SN/FHP)

Sumber: The Verge

Source Link

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *