Nokiafans.id – Popularitas Nokia sebagai pembuat ponsel melambung sangat tinggi di masanya, dengan sejumlah HP ikonik Nokia yang menguasai pasar. Meski kini masa kejayaan Nokia sudah lewat, tapi kita bisa mengenang beberapa HP ikonik untuk nostalgia.

Kini, merek ponsel asal Finlandia itu sudah tenggelam dengan kemunculan nama-nama baru yang kini menguasai pasar, seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, dll.

Ada beberapa ponsel Nokia yang sangat ikonik, dan masih diingat hingga sekarang. Keunikan desain dan kepopulerannya membuat ponsel-ponsel buatan Nokia ini masih dikenang oleh banyak orang.

10 HP Ikonik Nokia yang Populer di Masanya

Di era smartphone seperti sekarang, nama Nokia sudah tak lagi diperhitungkan. Padahal dulu di tahun 90an hingga awal 2000an, ponsel Nokia sangat populer dan menjadi “HP sejuta umat”.

Mungkin ingatan Anda kembali ke tahun 90an, untuk mengingat-ingat HP ikoni apa saja yang membuat Nokia sangat populer di masanya. Beberapa diantaranya mungkin pernah Anda miliki.

Nah, untuk bernostalgia, kami sudah memilihkan 10 HP ikonik Nokia yang dulu sangat populer, dan berhasil membawa brand Nokia sebagai penguasa pasar. Ponsel apa saja? Yuk kita simak ulasannya sob!

1. Nokia Cityman (1987)

Menjadi salah satu ponsel kompak pertama yang pernah dirilis, Nokia Cityman menjadi begitu terkenal ketika Mikhail Gorbachev, presiden Uni Soviet saat itu, menggunakannya untuk memanggil Moskow saat konferensi pers.

 

2. Nokia 3310

 

Nokia 3310

Nokia 3310 mungkin merupakan ponsel Nokia paling ikonik dan salah satu yang terlaris. Ponsel ini dikenal sangat tahan banting dan “awetnya minta ampun” karena baterainya yang mampu bertahan berhari-hari. Nokia 3310 juga dijuluki sebagai “HP sejuta umat”, karena hampir semua orang menggunakannya pada saat itu.

{Baca juga: Nokia 3310 “Reborn” Tetap Tahan Banting!}

Selain kuat, kakak dari Nokia 3210 ini memiliki bawaan game yang sangat ikonik yakni ‘Snake’. Ponsel ini juga yang pertama berbentuk sangat kecil dari seri sebelumnya, dimana ponsel sebelumnya kebanyakan memiliki ukuran sebesar batu bata. Pada tahun 2017, HMD Global merilis ulang Nokia 3310 dengan tampilan yang lebih kekinian, tapi tetap tangguh.

 

3. Nokia 8110 (1996)

Nokia 8110 atau `’ponsel pisang’ dipopulerkan oleh Keanu Reeves di film Matrix. Ini adalah contoh dari sebuah perangkat yang didesain secara brilian dan unik pada saat itu. Ponsel ini sangat populer di masanya, dan menjadi salah satu ponsel “sejuta umat”, karena sangat banyak dipakai orang saat itu.

 

4. Nokia 3650

Nokia 3650 (Dok: GSMArena)

Ponsel ini memiliki desain yang unik karena memiliki keyboard yang dibuat tersusun dalam bentuk melingkar. Meski sulit digunakan untuk mengetik, namun tetap saja ponsel ini begitu diminati oleh konsumen kala itu dan menjadi salah satu ponsel Nokia dengan tampilan ikonik.

Nokia 3650 pertama kali dirilis pada tahun 2003. Selain punya bentuk yang anti mainstream, ponsel besutan Nokia ini juga dibalut dengan warna Dark Blue, Grey, dan Yellow yang cukup eye catchy.

{Baca juga: Nostalgia, Ponsel Ikonik Nokia 3650 akan Dilahirkan Kembali}

Tata letak keyboardnya dibuat tersusun dalam bentuk yang melingkar. Meski sulit digunakan untuk mengetik, namun tetap saja ponsel ini begitu diminati oleh konsumen kala itu.

 

5. Nokia 5100 (1998)

Nokia 5100

Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2002, dan dirilis setahun kemudian, Nokia 5100 hadir dengan FM radio stereo built in. Sebuah perangkat Tri-Band dengan waktu standby hingga 300 jam. Ini adalah ponsel pertama Nokia yang menampilkan fitur game `Snake’ yang sangat melegenda. Pasti masih ingat bukan?

 

6. Nokia N-Gage (2002)

Dipanggil ‘Ponsel Taco’ mengacu pada bagaimana kita harus memegangnya, N-Gage akan selalu diingat sebagai tanda dari kecerdasan Nokia serta kemauannya untuk mengambil resiko. Ponsel ini dibuat sebagai ponsel gaming pertama dalam upaya menarik perhatian para pengguna Gameboy.

7. Nokia 1100 (2003)

Nokia 1100

Nokia 1100 rilis pada 27 Agustus 2003 disaat eranya smartphone mulai bermunculan. Ponsel ini dibekali kemampuan SMS dan telepon, game Snake II dan Space Impact+, ringtone monophonic, dan senter built in. Tahun 2011, Nokia mengklaim bahwa Nokia 1100 telah terjual lebih dari 250 juta unit, menjadikannya sebagai salah satu ponsel paling populer dan terlaris yang pernah dibuat.

 

8. Nokia N95 (2007)

Nokia N95 adalah sebuah ponsel ikonik, dan akan selalu dikenang seperti itu. Ini adalah smartphone paling ‘hebat’ kala itu, sebelum eranya iPhone lahir. Ponsel ini dibekali kamera belakang yang luar biasa hebat kala itu, yakni 5MP.

 

9. Nokia 5800 (2008)

Nokia 5800 adalah ponsel layar sentuh Nokia pertama yang bisa dibilang layak. Ponsel ini menjalankan Symbian versi S60 edisi kelima dan semakin populer setelah digunakan Christopher Nolan dalam The Dark Knight.

 

10. Nokia 808 Pureview (2012)


Bicara tentang kamera besar, tentu takkan lengkap tanpa membicarakan smartphone Nokia yang satu ini. Nokia 808 Pureview memiliki kamera 40MP dan merupakan smartphone Symbian terakhir Nokia. Ini adalah salah satu revolusi terbesar dalam kamera smartphone.

Nah, itulah tadi 10 HP Nokia paling ikonik yang pernah membuat brand Nokia berjaya sebagai penguasa pasar di masanya. Well, dari 10 HP ikonik ini, ponsel manakah yang pernah kalian pakai? [IF/HBS]

 

Source Link

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *