(Rama/Nokiafans.id)

Nokiafans.id, Jakarta – Pada akhir tahun lalu HMD Global selaku pemilik lisensi Nokia merilis Nokia 5.4 secara global. Ponsel ini menawarkan pengalaman memotret yang mengesankan berkat dukungan quad-camera beresolusi 48 MP.

Pada peluncurannya tahun lalu, HMD Global menyebut bahwa Nokia 5.4 memungkinkan pengguna untuk tak hanya mengambil foto atau video layaknya seorang profesional, ini juga unggul dari segi daya tahan (baterai) berkat sokongan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Disamping, ada juga dukungan teknologi AI-assisted Adaptive Battery.

Nah, penasaran mengenai seperti apa kemampuan ponsel ini secara keseluruhan? Kali ini tim Nokiafans.id berkesempatan untuk bercengkerama langsung dengan Nokia 5.4. Yuk disimak!

Desain 

Nokia 5.4 yang masuk ke markas kami adalah dia memiliki warna Polar Night. Sepintas, bisa dilihat bahwa sentuhan warna ini telah membuat Nokia 5.4 terkesan lebih elegan. Tak kalah elegan dibandingkan warna Dusk, yang juga menjadi salah satu warna pilihan dari handset.

{Baca juga: Kangen Masa Lalu, Begini Cara Dapatkan Ringtone Nokia Jadul}

Di bagian belakang, kita akan menemukan cover yang dibuat dari material polikarbonat yang kokoh disertai desain garis vertikal. Bersama dengan logo “Nokia” yang seolah ingin mempertegas branding perusahaan. 

Sementara empat kamera atau quad-camera tersusun rapi diantaranya, dengan bentuk lingkaran. Lengkap dengan sensor pemindai sidik jari atau fingerprint di bagian bawahnya. 

Untuk mendongkrak kualitas suara, Nokia 5.4 menyematkan dual speaker di bagian bawah, bersebelahan dengan port USB Type-C 2.0 dan microphone. Namun sayangnya, meski mampu menghasilkan suara yang jelas, apa yang keluar masih tetap terasa kurang ‘nendang’. 

{Baca juga: 10 HP Nokia Terbaru, Pilihan Terbaik di Maret 2021}

Headset connector serta audio jack 3.5mm ada di sisi atas, sementara tombol volume dan power di sisi kanan, berseberangan dengan slot kartu SIM dan memori serta tombol Google Assistant

Semua desain tersebut menjadi satu dalam dimensi 161 x 76 x 8.7 mm dan berat 181 gram. 

Layar  

Layar Nokia 5.4 (Rama/Nokiafans.id)

Beralih ke bagian muka, Nokia memiliki layar IPS LCD dengan ukuran 6.39 inci. Adapun resolusi layar yang dibawanya adalah HD+ 720 x 1560 piksel dengan aspek rasio 19,5:9. Di layar tersebut, disematkan pula kamera depan

Sekilas, ini memang membuat tampilan layar kurang maksimal. Namun beruntung kualitas layar Nokia 5.4 menyelamatkan. 

Spesifikasi dan Performa

Di bagian dapur pacu, Nokia 5.4 ditopang chipset Qualcomm Snapdragon 662 dengan sistem operasi Android 10 yang bisa ditingkatkan menjadi Android 11. Ini lantas dikombinasikan dengan RAM 4/6 GB serta memori internal 64 GB. 

Berdasarkan pengujian yang kami lakukan (AnTuTu, PC Mark dan juga 3D Mark), skornya cukup lumayan. Nokia 5.4 mendapatkan skor 166.826 poin untuk AnTuTu Benchmark. Secara spesifik, poin ini diperoleh dari CPU sebesar 64.295 poin, GPU 29.177 poin, MEM 37.148 poin dan UX sebesar 36.206 poin.

Berdasarkan pengujian dari PC Mark, skor yang diperoleh adalah 6.314 poin. Sementara pengujian dari 3D Mark memberikan skor yang beragam pada masing-masing kategori. Misalnya untuk sling shot, 1.877 poin, sling shot extreme 1.181 poin, wild life stress test 374 dan 370 poin serta wild life 374 poin.

Untuk lebih jelasnya, berikut hasil pengujian benchmark yang sudah kami lakukan terhadap Nokia 5.4 menggunakan ketiga aplikasi benchmark tersebut.

Hasil pengujian benchmark Nokia 5.4

Berbekal spesifikasi tersebut, Nokia 5.4 bukan saja dapat digunakan untuk penggunaan sehari-hari, ini juga bisa menjadi teman yang menyenangkan untuk bermain game. 

Ya, kami menggunakannya untuk memainkan PUBG Mobile belum lama ini, dan hasilnya cukup mengesankan. Game PUBG Mobile bisa dimainkan dengan maksimal walaupun menggunakan grafis smooth serta frame rate medium dan high

Sementara itu, baterai 4.000 mAh serta dukungan teknologi AI-assisted Adaptive Battery pada Nokia 5.4 membuatnya kuat untuk digunakan berlama-lama.

{Baca juga: Selain Nokia 3650, Ini 10 HP Nokia Paling Ikonik dan Melegenda}

Berdasarkan review kami, baterai Nokia 5.4 mampu bertahan sekitar 47 jam atau sekitar 2 hari masa pemakaian. Selain itu, dengan fast charging 10W, baterai yang awalnya sekitar 10% juga bisa terisi hingga 100% dalam waktu 130 menit.

Kamera 

(Rama/Nokiafans.id)

Selanjutnya dari segi kamera. Nokia 5.4 hadir dengan 4 kamera di bagian belakang. Itu meliputi kamera utama 48 MP, kamera depth 2 MP, kamera ultrawide 5 MP dan kamera macro 2 MP.

Keempat kamera tersebut didukung oleh fitur ultrawide angle, night mode dan portrait mode, yang menjadikan hasilnya cukup memuaskan. Warna pada foto terlihat cerah, apalagi jika kita memanfaatkan fitur portrait mode agar foto lebih bokeh.

Kita juga bisa memanfaatkan fitur ultrawide angle untuk menangkap foto yang lebih luas. Meski sayangnya, untuk pemotretan di malam hari tak bisa cukup bekerja maksimal. Kami menyarankan untuk mengaktifkan night mode untuk mendapatkan hasil foto lebih baik.

Di bagian depan, Nokia 5.4 menyematkan kamera dengan lensa 16 MP serta fitur night mode dan portrait mode. Hasilnya, cukup memuaskan.

Kita bisa menghasilkan foto selfie sendiri atau bersama teman dengan menggunakan portrait mode sehingga foto lebih fokus ke objek. Berikut ini beberapa hasil jepretan foto yang kami abadikan dengan menggunakan kamera Nokia 5.4.

Hasil Kamera Utama Nokia 5.4
Hasil Ultrawide Angle Camera
Hasil Portrait Camera

Hasil Selfie Camera Portrait Mode
Hasil Night Mode Camera

Kesimpulan 

Bukan tanpa alasan jika HMD Global menyebut Nokia 5.4 sebagai penjepret ulung. Selain resolusi kamera yang cukup mengesankan, hasil yang ditawarkan pun cukup bisa dibanggakan. Setidaknya cukup untuk bisa bersaing di kompetisi smartphone mid level. Ditambah, daya tahan baterai yang lama.

{Baca juga: Nokia 1.4 Hadir, HP Android Go Harga Sejutaan}

Secara keseluruhan, ponsel Nokia 5.4 dapat memuaskan Anda yang hobi fotografi, bermain game atau melakukan aktivitas lainnya melalui ponsel. Bagi Anda yang berminat, harus sedikit bersabar ya, karena belum diketahui kapan Nokia 5.4 akan dirilis di Indonesia. [NM/IF]

Kelebihan 

+Desain yang elegan

+Daya tahan baterai lama

+Punya empat kamera

Kekurangan 

+Speaker kurang kencang

+Layar kurang luas

SPESIFIKASI NOKIA 5.4
Rilis Desember 2020
Network GSM / HSPA / LTE
OS Android 10
Chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
CPU Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
GPU Adreno 610
RAM 4 GB, 6 GB
Memori 64 GB, 128 GB
Dimensi 161 x 76 x 8.7 mm (6.34 x 2.99 x 0.34 in), 181 g
Layar IPS LCD, 6.39 inches, 720 x 1560 pixels, 19.5:9 ratio
Kamera Utama 48 MP (wide), 5 (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
Kamera Depan 16 MP (wide)
Beterai Li-Po 4000 mAh
Warna Polar Night, Dusk
Harga  Rp 3 jutaan

 

Source Link

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *